YIN (-) DAN YANG (+)

16 Jan 2011

yin-yang

Dalam hidup, kita mengalami segala sesuatu dalam 2 rupa atau wujud. Seperti siang-malam, tangis-tawa, bahagia-sedih, suka-duka, hidup-mati, dan masih banyak lagi. Sebenarnya hal ini telah ada sejak zaman dahulu.

Dan hal seperti ini kental sekali dalam masyarakat Tionghoa, khususnya yang menganut aliran Tao.

Dalam aliran itu ada yang kita sebut Yin-Yang. Suatu pola keseimbangan.Yin-Yang digambarkan sebagai sebuah filosofi hidup yang menunjukkan bagaimana segala sesuatu terjadi. Yin-Yang memiliki makna. Lingkaran luar dalam simbol Yin-Yang menunjukkan everything maksudnya keseluruhan yang ada di dunia. Kemudian Yin (Black) dan Yang (White) keduanya merupakan simbol segala sesuatu yang tak terpisahkan. Memang tidak akan pernah terjadi hitam dan putih secara bersamaan. Namun ada saatnya terjadi hitam dan ada saatnya terjadi putih. Sebuah prinsip keseimbangan yang saling mengisi dan melengkapi.

Yin (Black) memiliki arti dark, passive, downward, cold, contracting, and weak (bisa diartikan sebagai segala unsur negatif di alam.

Yang (White) memiliki arti bright, active, upward, hot, expanding, and strong (bisa diartikan sebagai segala unsur positif di alam.

Kedua hal ini saling mengisi. Di saat kita kekurangan unsur positif, unsur negatif dari Yin akan mengisi kekosongan. Begitu pula sebaliknya. Sebab segala sesuatu yang terlalu berlebihan tidak baik. Jadi harus diseimbangkan.


TAGS


-

Author

Follow Me