KALENDER JULIAN

18 Jan 2011

kalender-julian-196x300

Kalender Julian ini dikenalin oleh Julius Caesar 45 tahun sebelum Masehi . Kalender ini punya tahun surya yang mana jumlah hari tetap tiap bulannya , dan disisipi satu hari tiap 4 tahun untuk penyesuaian panjang tahun tropis . Kalender ini digunakan secara resmi di seluruh Eropa , sampai kemudian diterapkannya reformasi dengan Kalender Gregorian pada tahun 1582 .

Caesar menetapkan kalendernya menjadi 12 bulan , masing-masing dengan jumlah hari tertentu seperti sekarang , dengan penetapan tahun kabisat setiap 4 tahun , dengan keyakinan bahwa panjang 1 tahun surya adalah 365.25 hari saat itu.

Sejak Caesar meninggal , penerapan tahun kabisat salah terap . Kabisat diberlakukan tiap menginjak tahun ke 4, jadi 3 tahun sekali . Keadaan ini lalu dibetulkan oleh Kaisar Agustus , dengan meniadakan semua kabisat dari tahun 8 SM sampai tahun 4 Masehi . Setelah itu kalender Julian berfungsi dengan jauh lebih baik .

Caesar memiliki tetapan bahwa 1 Januari sebagai awal tahun baru, meskipun demikian banyak yang menetapkan selain itu . Yang paling populer di antaranya adalah 1 Maret, 25 Maret dan 25 Desember .

Penetapan hari pertama tiap bulan juga berkembang . Secara Kalends, yaitu mulai hari pertama bulan baru (di Bali penanggal) , Nones yaitu mulai pada pertengahan bulan (Purnama) , atau Ides yaitu 8 hari setelah purnama (panglong 8). Sejalan perkembangan waktu , Kalends lebih banyak diikuti, dari sinilah mungkin istilah kalender berasal .

Demikian menurut Cappelli (1930), Grotefend & Grotefend (1941), dan Cheney (1945)


TAGS


-

Author

Follow Me